Apakah NLP itu?

Apakah NLP itu ? Pertanyaan yang selalu muncul menanggapi deretan 3 kata yang asing itu.

Beberapa sumber menyatakan mempelajari NLP mirip dengan mempelajari manual otak manusia, terkadang disebut sebagai people skill technology, atau disebut juga psychology of excellence. Intinya adalah mengetahui bagaimana cara kerja otak agar seseorang bisa menjadi tuan atasnya, bukan menjadi budaknya. Sedangkan para pengagas NLP sendiri merumuskan NLP sebagai The study of subjective experience .

Neuro adalah mengenai otak / pikiran, bagaimana kita mengorganisasikan kehidupan mental kita. Linguistic adalah mengenai bahasa, bagaimana kita menggunakan bahasa untuk mencipta makna dan pengaruhnya pada kehidupan kita. Programming adalah mengenai urutan proses mental yang berpengaruh atas perilaku dalam mencapai tujuan tertentu, dan bagaimana melakukan modifikasi atas proses mental itu.

Neuro-Linguistic Programming  secara khusus diciptakan untuk memungkinkan kita untuk melakukan berbagai terobosan dengan menciptakan cara-cara baru untuk memahami bagaimana komunikasi verbal dan non-verbal mempengaruhi otak manusia. Dengan demikian memberikan kita kesempatan untuk tidak hanya berkomunikasi lebih baik dengan orang lain, tetapi juga belajar bagaimana untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas apa yang kita dianggap fungsi otomatis neurologi kita sendiri.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengubah, mengadopsi atau menghilangkan perilaku, seperti yang Anda inginkan, dan memberi Anda kemampuan untuk memilih kondisi mental, emosional, dan fisik. Dengan NLP, Anda lebih mudah belajar meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Unsur kunci dari NLP adalah bahwa kita membentuk peta mental internal yang unik dari dunia sebagai produk dari cara kita menyaring dan melihat informasi diserap melalui panca indera dari dunia di sekitar kita. NLP memungkinkan orang untuk membuka rahasia struktur komunikasi manusia dan keunggulan manusia.

Sebagai studi tentang struktur pengalaman subyektif’, NLP mengeksplorasi bagaimana kita berpikir dan bagaimana kita berperilaku. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan apa yang terjadi ketika Anda melakukan sesuatu dengan baik dan tidak melakukan sesuatu dengan baik. Disisi lain, ini juga  memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana orang lain melakukan hal-hal efektif, dan bisa dimodel kemudian. Jadi melalui NLP kita bisa menemukan dan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang membuat perbedaan dari sesuatu yang efektif dan sebaliknya.  Inilah dasar dari yang disebut Modelling.

Modelling dalam NLP memungkinkan untuk mempelajari & menduplikasi keahlian seseorang. Aplikasi modelling ini sungguh tak terbatas, nyaris bisa dikatakan: “Bila ada seseorang pernah melakukan sesuatu hal, maka dengan modeling, kita juga dapat menduplikasi agar bisa melakukannya juga”. Melalui NLP kita bisa melakukan suatu perilaku unggul manusia & memetakannya dalam suatu pola-pola inti tertentu. Pola-pola inilah yang kemudian disusun ulang dengan urutan dan kombinasi tertentu akan menjadi model of excellence yang dengan mudah untuk diduplikasikan kepada orang lain.

Berikut beberapa definisi mengenai NLP:

NLP is an attitude and a methodology that leaves behind a trail of techniques.” - Dr. Richard Bandler.

NLP cannot be dismissed as just another hustle. Its theoretical underpinnings represent an ambitious attempt to codify and synthesize the insights of linguistics, body language, and the study of communication systems.” - Psychology Today

NLP ) does offer the potential for making changes without the usual agony that accompanies these phenomena. . . Thus it affords the opportunity to gain flexibility, creativity, and greater freedom of action than most of us now know. . ” - Training and Development Journal

. . . real estate brokers and salespeople use Neuro Linguistics Programming to enhance their communication skills and provide them with more choices when working in a difficult situation. . . it shows how we make sense of the world around us and communicate.” - Real Estate Today

NLP could be the most important synthesis of knowledge about human communication to emerge since the explosion of humanistic psychology in the sixties.“  – Science Digest

NLP has untapped potential for treating individual problems….It has metamorphosed into an all-purpose self-improvement program and technology.” – Time Magazine

NLP may be the most powerful vehicle for change in existence” – Modern Psychology

” NLP is an accelerated learning strategy for the detection and utilization of patterns in the world” - John Grinder

NLP is whatever works, and NLP is the Study of the Structure of Subjective Experience” - Robert Dilts

NLP itu mudah dan mempermudah” – Ronny F. Ronodirdjo

 

Silahkan memberikan tanggapan / komentar konstruktif.

Jika Anda mendapatkan pesan “Pesan Anda Menunggu Moderasi”, berarti komentar Anda mengandung kata-kata “possible spam” yang terfilter OTOMATIS oleh mesin ANTI SPAM.
Komentar yang tidak sopan, mengadu domba, atau bersifat negatif, pasti dihapus oleh sistem.