Tip Praktis NLP#82: Gemericik Air “Membuat Anda Lupa Diri”

Anda tidak mesti belajar “Hipnotis” untuk mencapai relaksasi. Anda bisa menghipnotis diri Anda sendiri (Self Hypnosis).

Anda juga tidak harus beli CD khusus untuk relaksasi, Anda bisa membuatnya sendiri. Mudah, kok…

Gemericik Air

Ya, salah satunya adalah menikmati bunyi gemericik air yang umumnya konstan, berbunyi cik cik cik secara sama berulang–ulang dengan ritme yang nyaris sama. Sehingga bunyi ini menimbulkan relaksasi di pikiran kita.

Memprogram Gemericik Air

Berikut ini adalah pengalaman saya sendiri yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana membuat program gemericik air karena selama ini mungkin kita hanya bisa menikmati bunyian yang menenangkan tersebut saat berada di gunung, bukan? Ya, memang sebaiknya di saat awal pemograman, sempatkan diri Anda pergi…

1. Ke Gunung untuk Rekam Visual

Carilah Gunung yang ada sungainya, sempatkan menuju ke air terjun. Lalu, apa yang Anda lakukan disana? Salah satunya adalah merekam secara visual tempat yang Anda rasa sangat damai, tenang dan indah. Rekamlah beberapa tempat, seperti di batu-batu sungai, di tengah air terjun atau dimana saja yang Anda rasakan sebagai tempat yang tenang dan damai. Saat berada di tempat tersebut, diamlah beberapa saat, hanya memandang dan menikmati pemandangan saja…

Untuk menguji apakah rekaman sudah tersimpan dengan baik? Pejamkan mata Anda, lalu amati di pikiran Anda, apakah gambaran yang direkam tadi sudah bisa Anda bayangkan kembali dengan sama? Jika bisa, artinya Anda sudah merekamnya dengan baik.

Coba kembali bayangkan gambaran itu, rasakan apakah menimbulkan rasa tenang, damai dan indah di hati Anda?

Latihlah fokus pikiran Anda dengan sesering mungkin mengunjungi tempat yang damai dan indah itu, dengan membayangkannya kembali.

2. Rekam Audio Gemericik Air

Bawalah alat rekam audio Anda, boleh alat rekam khusus atau yang ada di Handphone Anda. Sebaiknya alat rekam Anda dibungkus dulu dengan plastik agar saat merekam di tempat yang basah, tidak masuk air sungai atau air terjun.

Setelah Anda menemukan tempat di sungai yang menghasilkan bunyi gemericik air, aktifkan alat rekam audio Anda, lalu dekatkan ke air yang sedang mengalir dari sebuah batu ke batu lainnya, sehingga menimbulkan bunyi yang indah. Lakukan dalam waktu 2 atau 3 menit, boleh lebih lama jika dirasa perlu, sebelum pindah ke lokasi lain.

Rekamlah dari kiri ke kanan, dari bawah ke atas, juga dari arah sebaliknya, sehingga menimbulkan efek bunyi yang stereo.

Lakukan beberapa kali di beberapa tempat pilihan agar nanti Anda dapat memilih mana yang dirasa paling pas untuk situasi Anda nantinya.

Saat saya melakukan kegiatan ini, sungguh sangat seru dan semangat sekali. Karena gambaran tempat dan bunyi yang direkam, sangatlah sesuai dan memang pernah saya kunjungi secara fisik, bukan rekaan. Selain itu, murah meriah he he…

Walau saya bisa saja membeli CD yang berisikan rekaman gemericik air, namun lebih seru dengan membuat sendiri. Karya sendiri…

Gemericik Buatan Pompa Air

Di tempat saya istirahat, saya membuat bunyi gemericik dengan cara: membeli alat pompa air yang kecil, berikut guci bening kecil di toko peralatan dan perlengkapan aquarium. Cukup saya nyalakan pompa air dengan posisi air muncrat yang dapat berbunyi gemericik kecil. Bunyi yang cukup membawa ke suasana meditatif saat mau tidur…. Biasanya saat saya aktifkan, tidurpun menjadi blaaas he he… Lupa diri deh…

Memelihara beberapa ekor ikan hias kecil untuk dipelihara di aquarium guci, sangatlah membantu efek indah secara visual.

Setelah bunyian tercipta, aktifkan alat rekam Anda dan rekamanlah bunyi gemericik yang dihasilkan oleh pompa air tersebut, pilihlah beberapa posisi agar dapat dihasilkan bunyi yang dibutuhkan. Mematikan cahaya lampu, khususnya neon, sangat membantu rekaman suara menjadi lebih jernih.

Copy Beberapa Kali dan Satukan

Sekarang, hasil rekaman bunyi gemericik tadi dipindahkan ke komputer, edit yang diperlukan atau langsung digunakan. Lalu, gunakan software yang bisa meng-copy file terseebut beberapa kali dan disatukan menjadi satu.

Jika tidak punya software tersebut, gunakan saja fungsi REPEAT ONE di alat pemutar MP3 Anda untuk menghasilkan bunyi gemericik yang sama secara berulang-ulang, sehingga alam bawah sadar kita akan merekam dengan sangat baik.

Hasil rekaman baik juga di putar di laptop atau komputer Anda sebagai backsound saat bekerja agar tetap tercipta suasana relaksasi di alam bawah sadar Anda. Karena saat Anda bekerja dalam kondisi relaksasi, akan banyak muncul kreatifitas.

Proses Menikmati Gemericik Air sampai Lupa Diri

Berikut ini proses ide menikmati gemericik air sampai lupa diri he he… Hafalkan dulu urutan prosesnya, baru dilakukan:

  1. Posisikan tubuh Anda secara bebas, yang penting dalam posisi nyaman. Boleh duduk, boleh bersila, boleh tiduran atau boleh juga dalam posisi meditasi. Silakan saja pilih posisi yang Anda rasa paling nyaman…
  2. Lihatlah sebuah obyek di depan Anda, teruslah melihatnya beberapa saat, lalu perlahan-lahan pejamkan mata…
  3. Buang nafas Anda sebanyak-banyaknya, lakukan beberapa kali sampai terasa “Hang”, seperti orang yang tidak bisa berpikir. Kayak orang O’on gitu lho he he he…
  4. Lalu, konsentrasi atau fokuskan pikiran dan perhatian Anda ke bunyi gemericik air. Hanya mendengarkan dan mendengarkan saja. Lakukan beberapa menit.
  5. Sekarang, baru masuk tahap menikmati bunyi alunan air yang mengalir perlahan, lembut dan syahdu ini…
  6. Untuk menikmati gemericik air ini, bebas saja Anda berimajinasi. Memang sebaiknya dilakukan dengan perlahan-lahan saja (seperti nonton film dengan gerakan slow motion):
    • Anda boleh membayangkan berada tempat yang damai, sepi, hening, tenang, indah, sejuk, ada air terjun, ada sungai yang mengalir dan sebagainya. Sebuah tempat yang pernah Anda kunjungi, tempat yang paling Anda sukai.
    • Setelah itu, Anda boleh membayangkan melayang mendekat ke air yang bergemericik itu.
    • Melayanglah dari bawah ke atas.
    • Melayanglah dari atas ke bawah.
    • Melayanglah dari kiri ke kanan.
    • Melayanglah dari kanan ke kiri.
    • Atau, masuklah ke dalam air, ke dalam bunyi air, ikutlah mengalir, ikutlah mengalun…
    • Menyatulah dengan air yang gemericik tersebut. Menyatulah…
  7. Terus nikmati dan nikmati sampai Anda lupa diri…

Waktu Berkreatifitas

Setelah tercapai relaksasi yang sangat dalam, inilah waktu yang tepat untuk berkreatifitas maksudnya beraktifitas yang kreatif. Yang saya lakukan misalnya menulis, melukis atau hanya sekedar mencatat ide-ide yang muncul dalam benak saya, ke dalam sebuah buku khusus kumpulan ide.

Ide Solusi Baru

Atau, jika Anda sedang menghadapi masalah kehidupan. Inilah saat yang baik untuk mencari ide-ide solusi baru dalam menyelesaikannya. Lihatlah dari sisi yang berbeda, dari sudut pandang yang lain. Lihatlah dari jauh, dari posisi di atas rumah, dari posisi di helikopter, dari posisi di awan. Biasanya, masalah tersebut akan menjadi berbeda dan Anda akan menemukan ide-ide baru untuk solusi yang terbaik dari masalah itu.

Jika memang masalah tersebut adalah sebuah kekeliruan di masa lalu, petiknya hikmahnya. Kejadiannya sudah lewat, jangan lupa membawa pergi hikmahnya. Agar kesalahan atau kekeliruan tersebut, tidaklah sia-sia.

Apapun kejadian dalam kehidupan ini, tidaklah akan sia-sia, sampai Anda sendiri yang menyia-nyiakannya…

Mengambil Keputusan

Saat tenang ini, baik sekali dimanfaatkan untuk mengambil sebuah keputusan. Jadilah ini sebuah strategi dalam hidup Anda. Menenangkan diri dulu, sebelum mengambil keputusan agar tidak emosional dan menghasilkan kekeliruan berikutnya.

Relaksasi dengan gemericik air bisa dilakukan dimana saja, jika sudah Anda rekam bunyinya dan Anda mau mengambil sebuah keputusan. Sebaiknya tenangkan diri dulu, istirahatkan pikiran Anda dulu. Setelah tenang, munculkan ide-ide baru sebagai solusi baru, lalu ambillah keputusan yang diperlukan.

Karena saat hening, semua jadi bening.

Yang tenang, yang menang.

Jakarta, 9 Januari 2010

Krishnamurti di pagi hari dekat gemericik air…

NB:

1. Artikel ini saya ijinkan untuk di-copy paste ke blog Anda, cukup sebutkan sumbernya saja. Buat saya: NO COPY RIGHT, It’s your RIGHT TO COPY my idea… Wong, buat saya ide itu bisa muncul kapan saja, kok. Gratis lagi he he…

2. Artikel ini akan saya bawakan berupa Panduan Aktif pada acara TERAPI MUSIK di Radio Sonora 92.0 FM Jakarta, pada Minggu, 10 Januari 2010 jam 22:00-23:30 yang di-relay oleh jaringan Radio Sonora di: Bangka, Palembang, Pontianak, Jakarta, Bandung (Raka FM), Semarang, Solo (Ria FM), Jogjakarta & Surabaya.

Silahkan memberikan tanggapan / komentar konstruktif.

Jika Anda mendapatkan pesan “Pesan Anda Menunggu Moderasi”, berarti komentar Anda mengandung kata-kata “possible spam” yang terfilter OTOMATIS oleh mesin ANTI SPAM.
Komentar yang tidak sopan, mengadu domba, atau bersifat negatif, pasti dihapus oleh sistem.

Comments

  1. Emmy Kuswandari says

    Its work. Benar-benar menikmati waktu yang sangat berkualitas. Matur nuwun Pak Krisna idenya.

  2. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Emmy,
    Ya, itu pengalaman sy sendiri, sy sempat lupa kalo ide sederhana ini bisa dibagikan. Idenya muncul tadi pagi2 he he…

    Tolong, dibagi2kan yooo

  3. Sugiri Citrohadisumarto says

    wow…amazing mas Krishna. Artikel mas Krishna selalu mudah diaplikasikan dengan manfaat yang rruaaar biasa. Mohon izin untuk saya share di blog saya ya mas Krishna.., Salam Penuh Keajaiban!

  4. says

    saya sering sekali mendengarkan music2 seperti itu sebelum tidur,, dan tidur saya menjadi rilex dan bangun pagi dengan segar… benar2 bekerja dengan baik :)

  5. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Sugiri,
    Thanks atas doanya, silakan buanget utk di-share dg teman2 di blog Anda, semoga berhikmah & salam utk mereka semua yoooo

  6. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Suryananta,
    Ya, benar sekali. Kualitas tidurpun jadi meningkat, shg besok pagi kita bisa jadi pribadi yg lebih efektif. Thanks atas sharing-nya, sungguh menguatkan pembaca lainnya.

  7. saifuloh says

    Terima kasih mas Krisna,
    atas ilmunya ! sangat bermanfaat sekali untuk memecahkan masalah yg sy alami!

  8. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Saifuloh,
    Masalahnya tetap ada, hanya ide ini akan membuat State Emosi kita berbeda, cara pandang kita berbeda, krn ketenangan membuat kita bisa melihat msalah dari sisi yg berbeda… Ikut senang mendengar solusi Anda…

  9. dauRIE says

    yoyooooiii….rie sempat rekam bunyi air sungai di Pinewood, digabung sama suara kodok kawin di kolam belakang rumah….diputer gak lama rileks….trus zzzzz…..dapet idenya kadang pas lagi mimpi :)

  10. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Rie,
    Ha ha ha… ide suara kodok kawinnya yg seru…. Thanks, ide yg muncul saat mimpi, biasanya powerful!

  11. says

    Sekedar informasi. Untuk mengcopy file MP3 menjadi berulang ulang dapat menggunakan software gratis AUDACITY. Versi portablenya dapat didownload di portableapps.com atau bisa di search di google.
    SEMOGA BERMANFAAT.

  12. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Arif Kamalludin,
    Thanks banget atas infonya, pasti sangat berguna krn software ini mempermudah pembuatan bunyi yg berulang2, guna mendpt efek hipnosis…

  13. bunga says

    Dari kecil bunga suka sekali suara air
    Apalagi ait terjun
    Rasanya menyatu dengan alam
    Bisa hening dan mendengar diri

  14. Lely says

    Thanks yoo… Gemericik airnya.. Damai..tenang.. Dan menyejukan… (pdhal dgr suaranya mas krish aja uda tenang kok he..he) buat bonus cd share t.key 2 aja ya mas..

  15. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Bunga,
    Bagus, nah skrg kebiasaan itu bisa dilanjutkan dg menciptakannya kembali, agar bisa dinikmati kapanpun.

  16. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Daniel,
    Betul sekali, ini terapan saja dr pengembangan VAK yg bisa diaplikasikan kemana saja sesuai kebutuhan. Thanks

  17. bambang says

    Luar Biasa Mas Krish, pikiran menjadi lebih rileks dan lebih tenang, jadi bisa leboh fokus lagi kepada apa yang menjadi tujuan kita.
    Thanks again mas buat ide-ide kreatifnya.
    Tetap fokus untuk “Menjadikan Indonesia Lebih Baik” :-)

  18. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Bambang,
    Benar sekali dampaknya, setelah rileks & tenang, tinggal digunakan utk fokus kpd apa yg kita ingin wujudkan. Teruslah berkarya & berkarya…

  19. says

    mas krisna, minggu yang lalu pastor pergi ke gramedia pangkalpinang bangka untuk mencari karya tulismu yang kedua berjudul meditasi ya. namun stok nya habis. padahal peminatnya ada lho. makasih sharing meditasi sedeerhananya. salam dari pertapaan yung fo.

  20. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Pastor Titus Budiyanto,
    Sampai saat ini buku karya sy sendiri masih 1 buah, yakni hanya SHARE THE KEY.

    Semoga dlm waktu dekat sdh ada anaknya lagi he he… Mohon doanya yooo…

  21. fadh says

    Mas Khrisna, terima kasih sharingnya yang luar luar biasa. Gimana dgn house musik, karena berdentum konstan, bisa bikin orang tripping. Apa ini juga termasuk hipnosis? Tks sebelumnya

  22. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Fadh,
    Ya, benar sekali. Contoh lain: bunyi rel kereta api walau keras & berisik, tetap saja membuat penumpang tertidur he he…

  23. rheinno says

    mas khrisna, mau tanya dong…relaksasi itu terjadi pada gelombang alfa dan theta nggak ya? makasih

  24. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Rheinno,
    Tepatnya saya tdk tahu krn belum uji coba, yg bisa sy sharing adalah kondisi tsb membuat sy fokus & sangat nyaman. Apakah itu alfa atau theta, sy gak ngerti he he… Sori yooo…

  25. rheinno says

    Mas Krisna,

    makasih atas komen nya, terus terang saya juga nggak paham juga (maklum pemula bgt mengenai NLP dan sejenisnya). tadi malam saya praktekin cara yg anda saranin, dan berhasil loh, saya merasa fokus. so yg penting saya merasa nyaman waktu bangun pagi…sekali lagi makasih juga atas kiriman message indah melalui BBM

  26. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Rheinno,
    Ya, syukurlah jika demikian. Sy memang lebih tertarik utk melakukan dr pd tahu istilah2 yg malah memusingkan he he… Teruslah berkarya.

  27. says

    lucu jg pas mbcnya…
    soalnya di samping komputer saya ada bunyi aquarium kecil tadi dan di belakang dapur saya selalu terdengar bunyi AIR mengalir SEPERTI SUNGAI…
    masalahnya pak kalau suasana sudah rame..bunyi2 an tadi jd kalAH DECH…

  28. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Linda Hevira,

    Ternyata nyambbung ya he he… Semoga artikel ini, bisa membantu menyadarkan kembali akan indahnya hal-hal yg sederhana di sekitar kita.

    Kan, skrg jadi perhatian he he…

  29. KrishnamurtiKrishnamurti says

    Dear Edi,
    Thanks atas doanya, ini hanyalah sebuah ide yg sederhana saja… Semoga berguna…

  30. says

    Lama nggak nengok, ketemu artikel yang luar biasa.
    Saya juga menikmati gemericik air kolam ikan di depan jendela kamar…, indah, nyaman, kemarin sempat mimpi ke kampung halaman karena kamar deket dengan gemericik air empang tetangga..hehe…

    Apakabar Om Krishna, terima kasih saya masih sering terima sms motivasinya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>